Skip to main content

Pengalaman Pertama Terjun ke Dunia Kerja
Aku mau cerita seputar kegiatan magang yang sedang aku jalani saat ini. Selama beberapa minggu aku di sini banyak banget ilmu akuntansi dan pengauditan yang bisa kuambil dari sini. Mulai dari planning mau audit sampe ngerjain kertas kerja. Kalau kamu bener-bener mau cari ilmu, ga salah deh magang disini. Terus jam kerjanya juga enak, dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Jadi, kalau kamu mau magang tapi kamu adalah tipe orang yang gabisa bangun pagi, what a good news for you, this place is very recommended.
Kegiatan magang dilakukan di KAP Kumalahadi, Kuncara, Sugeng Pamudji, dan Rekan, yang berlokasi di Jl Godean Km 05 No. 104 Area Sawah, Nogotirto, Gamping, Sleman. Kegiatan magang dilakukan mulai tanggal 02 Januari 2020 sampai dengan 02 Maret 2020. Dalam kegiatan ini penulis melakukan beberapa kegiatan yang dijelaskan sebagai berikut :
a.     Mengikuti pelatihan audit
Pada tanggal 02 Januari 2020 seluruh anak magang diberikan materi mengenai aplikasi ATLAS dengan tujuan memberi bekal untuk melakukan proses audit. Pelatihan audit dimulai dari pengenalan mulai standar audit, standar akuntansi, audit dengan aplikasi ATLAS, sampai dengan terbitnya laporan audit independen.

b.    Mencari data guna menambah referensi
     Kegiatan ini dilakukan dengan mencari data tentang laporan keuangan BPR atau perusahaan lain yang memiliki kualitas laporan keuangan yang jauh lebih baik untuk membandingkan.
c.    Mengolah data
     Kegiatan ini dilakukan untuk membantu auditor senior dalam melakukan proses audit suatu perusahaan. Kegiatannya mulai dari input laporan keuangan ke aplikasi ATLAS, menghitung penyusutan aset tetap klien, melakukan drafting laporan keuangan dan reporting laporan keuangan.
d. Melakukan presentasi
Kegiatan presentasi mengenai materi ATLAS dilakukan awal Februari. Presentasi ini bertujuan untuk mengenalkan mengenai materi ATLAS kepada teman-teman magang yang baru masuk.

Saran untuk Kegiatan Magang di KAP KKSP Jakarta
Beberapa saran terkait kegiatan magang  di  KAP Kumalahadi, Kuncara, Sugeng Pamudji,dan Rekan adalah sebagai berikut :
1.     Tim audit yang anggotanya terdapat peserta magang alangkah lebih baiknya sebelum melakukan fieldwork, mereka diberikan pelatihan mengenai program audit yang telah disusun agar mereka memiliki sedikit pengetahuan untuk efektivitas pelaksanaan audit.
2.    Dalam melaksanakan prosedur audit, auditor lebih memberikan kesempatan kepada peserta magang dalam membantu pekerjaan lapangan untuk mendapat pengalaman lebih selama mengikuti program magang.
Banyak suka duka selama magang disini beberapa minggu. Tapi yang jelas ilmunya dapet banget. Anak magang disini dianggap seperti auditor sesungguhnya dapat dikatakan auditor junior, diajak fieldwork, membuat kertas kerja, diberi training. Apa yang auditor kerjakan, pasti juga akan melibatkan anak magang. Pokoknya kalau kamu mau cari tempat magang dan orientasinya mau dapat ilmu, I recommend you to get an advantage here.
Oh iya, yang magang disini gacuma mahasiswa dari Jogja tetapi ada juga yang dari Solo, Semarang,dan Magelang. Banyak banget mahasiswa magang disini dari berbagai kampus. Kalau aku sih bareng sama anak AA YKPN, IAIN Surakarta, UIN Yogyakarta, dan UNS. Kegiatan magang ini juga dapat menambah teman baru terus bias sharing-sharing mengenai mata kuliah atau bias juga laporan magang dan tugas akhir. Dengan beragamnya anak kampus lain yang magang disini, ga cuma ilmu audit dan akuntansi yang kamu dapet, tapi kamu bisa menambah relasi sama anak kampus lain.  Terima kasih buat Pak Kuncara yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk melakukan kegiiatan magang di KAP KKSP Jakarta. Terima kasih juga buat Mba Ita yang sudah merekomendasikan KAP ini dan terima kasih buat Mba Amel yang sudah membimbing saya dan bersedia menjadi dosen pembimbing lapangan. Terima kasih J





Comments